PT SEMEN INDONESIA Tbk




PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (dahulu PT Semen Gresik (Persero) Tbk) adalah produsen semen yang terbesar di Indonesia. Pada tanggal 20 Desember 2012, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk resmi berganti nama dari sebelumnya bernama PT Semen Gresik (Persero) Tbk. Diresmikan di Gresik pada tanggal 7 Agustus 1957 oleh Presiden RI pertama dengan kapasitas terpasang 250.000 ton semen per tahun. Pada tanggal 8 Juli 1991 Semen Gresik tercatat di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya sehingga menjadikannya BUMN pertama yang go public dengan menjual 40 juta lembar saham kepada masyarakat.
Pada tanggal 20 Desember 2012, melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Perseroan, resmi mengganti nama dari PT Semen Gresik (Persero) Tbk, menjadi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Penggantian nama tersebut, sekaligus merupakan langkah awal dari upaya merealisasikan terbentuknya Strategic Holding Group yang ditargetkan dan diyakini mampu mensinergikan seluruh kegiatan operasional. Saat ini kapasitas terpasang Semen Indonesia sebesar 29 juta ton semen per tahun, dan menguasai sekitar 42% pangsa pasar semen domestik. Semen Indonesia memiliki anak perusahaan PT Semen Gresik, PT Semen Padang, PT Semen Tonasa dan Thang Long Cement.
VISI
MENJADI PERUSAHAAN PERSEMENAN INTERNASIONAL YANG TERKEMUKA DI ASIA TENGGARA
MISI
1.    Mengembangkan usaha persemenan dan industri terkait yang berorientasikan kepuasan konsumen.
2.    Mewujudkan perusahaan berstandar internasional dengan keunggulan daya saing dan sinergi untuk meningkatkan nilai tambah secara berkesinambungan.
3.    Mewujudkan tanggung jawab sosial serta ramah lingkungan.
4.    Memberikan nilai terbaik kepada para pemangku kepentingan (stakeholders).
5.    Membangun kompetensi melalui pengembangan sumber daya manusia.

Kelebihan dan kelemahan PT.Semen Indonesia Tbk
Kelebihan :
1.    PT. Semen Indonesia  merupakan BUMN
2.    PT. Semen Indonesia sudah go public dan menjadi BUMN pertama yang menjual sahamnya kepada masyarakat
3.    Lokasi pabrik yang strategis. Lokasi yang strategis memberikan uang keunggulan yang kompetitif dan komperatif dalam manajemen biaya distribusi dan kontiyuitas pasokan
4.    Peseroan memiliki keunggulan SDM yang memiliki kompetensi dibidang perekayasaan teknis dan jasa konsultasi dalam persemenan serta industri terkait
5.    Mimiliki jangkauan distribusi ke seluruh penjuru daerah pemasaran
6.    Sarana promosi yang menyeluruh ke berbagai media. Kebijakan promosi  yang dilakukan semen gresik guna meningkatkan penjualannya
7.    Memiliki sumber dana dari pemerintah RI
Kelemahan :
1.    Kebijakan harga yang masih bergantung pada brain. Dimana ditentukan dari pergerakan harga setiap hari
2.    Suplai bahan baaku batu bara yang masih terbatas
3.    PT. Semen Indonesia   memiliki banyak pesaing
4.    Daerah pemasaran yang belum menjangkau seluruh wilayah Indonesia
5.    Kemasan terlalu besar untuk membuat bagian bagian rumah yang kecil
6.    Proses packing masih terlalu panjang sehingga meningkatkan cost

Analasisis
Dari pembahasan diatas penulis dapat menyimpulkan sebagai berikut:
1.    Visi perusahaan sudah sesuai dengan kriteria yang baik sehingga tidak perlu perbaikan.
2.    Misi perusahaan belum memasukan kriteria konsumen dan keunggulan yang dipunyaisehingga penulis memberikan usulan perbaikan misi perusahaan.
3.    Dari matriks IFE-EFE, BCG serta SPACE secara garis besar menggambarkan kondisiperusahaan yang sedang bagus dan strategi yang tepat untuk perusahaan adalahpenetrasi pasar, pengembangan produk, pengembangan pasar, integrasi depan maupunbelakang belakang, horizontal.
4.    Fokus strategi jangka pendek perusahaan meliputirevenue management, costmanagement, capacity managementdan increase competitive advantage. Strategi tersebutsudah sesuai dengan hasil dari analisa matriks.
5.    Pangsa pasar domestik harus diprioritaskan mengingat adanya program MP3EI yang akanmeningkatkan permintaan semen.
6.     Sejauh ini strategi perusahaan sudah sangat efektif dalam memaksimalkan laba apalagi sudah didukung dengan sumber daya baik SDM, bahan baku maupun finansial.



REFERENSI


Komentar

  1. El Cortez Casino, Las Vegas, Nevada - MapyRO
    Mapyro is a well-known and popular casino in Las Vegas, Nevada and 강릉 출장샵 offers 의정부 출장샵 slot machines 울산광역 출장샵 and table games for both beginners 목포 출장샵 and 공주 출장마사지 seasoned players alike.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lingkungan Sosial Budaya Terhadap Negosiasi Bisnis

Segmentasi Global, menentukan Target, dan menentukan Posisi